Saturday, July 14, 2007

hukumonline 7 tahun

Tidak terasa, pas hari ini hukumonline berulang tahun ketujuh. Tepat 14 Juli 2000 lalu, situs hukumonline mulai beroperasi. Sebetulnya beberapa bulan sebelumnya organisasi hukumonline sudah mulai bekerja, namun terbatas mempersiapkan situs dan isinya.

Banyak sudah nostalgia. Mulai dari kantor pertama di Gedung Arva, sewa ruangan kecil di law firm kawan, bertetanggaan dengan PSHK dan LeIP. Memang kelahiran hukumonline tak bisa dilepaskan dari PSHK yang membantu persiapan awal. Awak redaksi saat itu baru segelintir, apa lagi supporting staff. Awak unit riset & data masih bekerja dari lokasi lain.

September 2000, hukumonline hijrah ke lokasi sekarang yang jauh lebih representatif. Tetap bertetangga dengan sobat karib PSHK dan LeIP. Saat itu kawan-kawan data mulai berkantor bersama.

Situs hukumonline pun berubah dari waktu ke waktu, menadi lebih baik. Sekarang awak hukumonline total sudah 35 orang. Karena itu, ada ruang kantor baru di lantai bawah. Layanan pun bukan cuma dalam bahasa Indonesia, tapi juga Inggris. Jumlah data yang dikelola lebih 20,000 peraturan dan putusan. Berita yang terbit per hari ini jumlahnya 17,154 berita. Total anggota mencapai 70,000-an. Tim IT sudah mulai terbentuk, supaya pengembangan bisa lancar.

Angka 7 punya makna beragam. Di beberapa budaya, angka ini diartikan sebagai lambang jumlah yang banyak. Misalnya, lapis langit ada 7, juga banyaknya pilgrims harus melakukan tawaf dan sa'. Dalam dunia 'dotcom' maupun pers Indonesia, 7 tahun juga bukan masa yang singkat. Begitu banyak dotcom yang muncul pada awal 2000-an. Tapi yang sedikit yang bisa bertahan, tak peduli modal yang digelontorkan berlimpah ruah. Yang menyisa sekarang luar biasa sedikit. Batu ujian media pada umumnya konon 3 tahun. Lewat angka itu berarti ketahanannya teruji.

Tapi siapa yang mau hanya bertahan alias survive melulu? Momen ulang tahun ini akan (dan harus) dipakai hukumonline untuk tancap gas. Tinggal landas. Masih banyak yang harus diperbaiki dari layanan, produk yang ada sekarang. Juga masih terlalu banyak yang bisa dikembangkan.

Kami harap anda rela membantu. Karena, tanpa anda, kami tiada.

No comments: