Wednesday, July 11, 2007

hukumonline ‘jadul’

Beberapa hari lalu, saya sempat pusing cari tampilan hukumonline jaman dulu. Maklum, butuh untuk ulang tahun sebentar lagi. Ada beberapa files tapi semuanya statis, rasanya kurang afdhal. Untung ada teman kirim link ke situs ajaib ini www.waybackmachine.org. Situs ini mengolah dan tampilkan ulang arsip tampilan halaman depan semua situs di dunia dan hukumonline di capture beberapa kali dalam setahun.

Hasilnya rekaman lengkap perubahan hukumonline dari masa ke masa. Luar biasa.... Beberapa yang terpilih bisa dilihat via Google Notebook ini.

Kalau mau dibagi, dalam 7 tahun ini ada 2 model hukumoline. Yang pertama statis, satu arah. Kemudian versi kedua jadi interaktif karena pembaca juga bisa posting komentar, ikut forum diskusi atau klinik.

hukumonline mulai live 14 Juli 2000 dengan model paling awal – ini dicapure Agustus 2000. Konten peraturan muncul di rubrik hukumonline spesial (tanpa telor). Konten berita terbagi jadi beberapa rubrik: ‘berita’ dan fokus, tajuk, kolom, wawancara. Juga ada humor profesi (hukum), mimbar (pengguna bisa post pikiran, komentar) dan pro kontra (ini dua tulisan wawancara yang saling memperdebatkan isu yang sama). Selain itu, ada indikator, berisi beberapa informasi ekonomi penting dan agenda hukum.

Umur versi pertama ini sekitar 1 tahun, kemudian diganti dengan tampilan ini pada akhir April 2001. Skema warnanya jadi lebih ringan dan segar, lebih ringan. Kontennya relatif sama, namun rubrik humor ganti baju menjadi jeda, pro kontra dan indikator dihilangkan dan mimbar berubah menjadi forum diskusi. Mulai muncul juga menu baru, direktori.

Kemudian Juli sampai September 2001 ada penambahan rubrik baru: direktori dan klinik. Konten peraturan juga sudah mulai diberi halaman terpisah yang lebih rinci. Di titik ini jumlah peraturan yang diterbitkan hampir 5.000. Awal Februari 2002, muncul lagi rubrik baru, putusan pengadilan.

Nah, baru pada Agustus 2003 muncul hukumonline versi 2.0 – mirip seperti yang sekarang. Tampilannya baru dan lebih mewakili semua isi hukumonline waktu itu. Muncul juga rubrik baru, ‘aktual’, isinya berita hardnews yang dikumpulkan redaksi. Yang lebih penting, interaksi dengan pembaca lebih luas, karena setiap pengguna bisa posting komentar pada setiap berita. Untuk mengakses data peraturan dan putusan pengguna mulai diwajibkan untuk mendaftar, tanpa dipungut biasa.

Beberapa rubrik masih tercecer, rumah barunya belum 100% selesai. Misalnya klinik hijrah pada Oktober 2003 dan agenda, yang menyusul (agak lama) pada Maret 2004. Sayangnya, ada fitur yang tercecer sejak itu hingga sekarang, forum diskusi. Sebabnya agak memalukan – kita sibuk pilih model forum yang bagus terus beberapa programmer perusahaan IT yang bantu kita keluar. Sampai sekarang tercecer....

Sejak itu hingga kini relatif tidak ada perubahan signifikan di situs – konten maupun tampilan. Kecuali pada akhir 2005, hukumonline mulai membedakan akses data hukum, bagi anggota biasa dan pelanggan berbayar. Diantara rentang waktu itu pula hukumonline meluncurkan layanan versi Inggris, Indonesian Legal Brief dan Indonesian Legal Digest yang dikirim ke pelanggan via surel (surat elektronik).

Sampai situs yang sekarang. Sambil merayakan ulang tahun ini akan banyak perubahan baru (lagi). Tapi itu cerita lain hari.

No comments: